UMJ - Dadan SM - Rumusan Kajian Pembahasan Psikologi Pendidikan



Dadan Saepul Milah NIM 2011517019
(Mahasiswa Smt 2 PAI Universitas Muhammadiyah
                               
Rumusan kajian pembahasan psikologi pendidikan berdasarkan pemikiran penulis, yang meliputi:
1.       Pengertian Psikologi Pendidikan
2.       Beberapa bahasan dalam psikologi pendidikan
3.       Pentingnya psikologi dalam pendidikan
4.       Fungsi psikologi dalam proses pembelajaran
5.       Skema hubungan faktor – faktor pendidikan
6.       Belajar sebagai sebuah sistem
7.       Faktor-faktor yang mempengaruhi belajar

Pengertian Psikologi Pendidikan
                Psikologi pendidikan adalah psikologi yang diterapkan dalam dunia pendidikan umumnya, dan proses pembelajaran khususnya dalam rangka membantu memecahkan masalah-masalah belajar melalui penerangan prinsip-prinsip Psikologi, teori, teknik, dan prosedur ilmiah tertentu. (Euis Julaeha, 2000: 5)
Beberapa bahasan dalam psikologi pendidikan
1.    Psikologi pendidikan adalah bagian dari psikologi empiris (yang menyelidiki gejala-gejala kejiwaan dan tingkahlaku manusia dengan menggunakan observasi-percobaan-atau eksperimen).
2.    Penerapan psikologi dalam pendidikan (secara umum)
Agar pendidikan tahu aspek-aspek psikologi pada diri setiap individu
3.    Penerapan psikologi dalam proses pembekajaran (secara khusus)
Untuk menciptakan iklim yang kondusif yang memungkinkan seseorang untuk belajar
4.    Pembahasan sentral psikologi pendidikan adalah pemecahan masalah belajar
Pentingnya psikologi dalam pendidikan
1.    Bagi individu atau anak didik
Membantu individu atau anak didik dalam memecahkan masalah-masalah yang dihadapi berkaitan dengan fungsi psikis.
2.    Bagi pendidik,  pengajar dan orang tua
Pengetahuan psikologi tentang anak didik dalam proses pendidikan sangat penting bagi mereka untuk mengoptimalkan kemampuan setiap anak didik atau untuk membantu pemecahan masalah individu dan masalah belajar.
3.       Bagi pengembangan ilmu
Penelitian, penyelidikan dalam bidang psokologi akan menambah luas khasanah ilmu pengetahuan psikologi maupun ilmu pendidikan karena adanya perubahan kebiasaan, sikap, dan nilai setiap orang sesuai dengan perkembangan IPTEK.
Fungsi psikologi dalam proses pembelajaran
1.    Sebagai pengetahuan praktis yang berusaha menjelaskan proses belajar sesuai dengan prinsip-prinsip psikologis yang ditetapkan secara ilmiah dan faktor-faktor tingkahlaku manusia.
2.    Sebagai pedoman dan pangkal arah bagi guru untuk membantu anak didik agar memperoleh pengalaman-pengalaman belajar sehingga ia dapat belajar secara optimal sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya.
3.    Sebagai alat, teknik dan prosedur untuk melayani anak didik yang berbeda latar belakang, pola perkembangan dan kemampuannya (secara kognitif, afektif dan psikomotor).
Skema hubungan faktor-faktor pendidikan

 
Tidak pendidikan tanpa ada tujuan, tidak ada tujuan tanpa pendidik, tidak ada pendidik tanpa anak didik, dan seterusnya. 
1.    Tujuan
Faktor utama dalam pendidikan adalah untuk meningkatkan dan mencapai kedewasaan
2.    Pendidik
Tiap orang yang dengan sengaja mempengaruhi orang lain untuk mencapai tingkat kmanusiaan yang lebih tinggi
3.    Anak didik
a.    Anak yang belum dewasa
b.    Anak yang perlu mendapat bimbingan dari orang dewasa
c.     Anak yang tanggung jawab pendidik
Anak didik sebagai subyek pendidikan, bukan sebagai obyek karena anak didik dapat menerima atau menolak apa yang diterimanya.
4.  Alat didik
      Perbuatan atau situasi yang diadakan dengan sengaja untuk mencapai tujuan
Contoh: perhatian, hukuman, pujian, hadiah, dan nasehat.
1.    Alam sekitar
Segala sesuatu yang ada disekitar anak didik
Dapat berwujud = manusia                   contoh: keluarga, teman, dan lain-lain
Dapat berwujud = bukan manusia
                                 = kesenian                  contoh: wayang, sandiwara, derama
                                 = tempat                      contoh: tetangga, rumah, iklim
                                 = kesusasteraan       contoh: media masa
Belajar sebagai sebuah sistem

Gambar diatas menunjukan bahwa belajar sebagai suatu proses bermula dari masukan mentah (Raw input), yang kemudian harus diolah melalui proses belajar  – mengajar  (Teaching – learning proses). Proses ini dipengaruhi oleh faktor lingkungan sebagai masukan lingkungan ( Environmental input), juga dipengaruhi beberapa alat yang digunakan membantu proses belajar  - mengajar menjadi masukan alat-alat (Instrumental input) semuanya menunjang dan membantu tercapainya keluaran (Out put) yang dikehendaki.
 Faktor – faktor yang mempengaruhi belajar
 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pendorong Wirausaha (2)

ANALISIS TONGGAK-TONGGAK SEJARAH PERJUANGAN BANGSA

Mempertimbangan Usaha Baru (Bahan 2)