UMJ - Dadan SM - Rumusan Kajian Pembahasan Psikologi Pendidikan
Dadan Saepul
Milah NIM 2011517019
(Mahasiswa Smt
2 PAI Universitas Muhammadiyah
Rumusan kajian pembahasan psikologi pendidikan
berdasarkan pemikiran penulis, yang meliputi:
1.
Pengertian Psikologi Pendidikan
2.
Beberapa bahasan dalam psikologi pendidikan
3.
Pentingnya psikologi dalam pendidikan
4.
Fungsi psikologi dalam proses pembelajaran
5.
Skema hubungan faktor – faktor pendidikan
6.
Belajar sebagai sebuah sistem
7.
Faktor-faktor yang mempengaruhi belajar
Pengertian Psikologi Pendidikan
Psikologi
pendidikan adalah psikologi yang diterapkan dalam dunia pendidikan umumnya, dan
proses pembelajaran khususnya dalam rangka membantu memecahkan masalah-masalah
belajar melalui penerangan prinsip-prinsip Psikologi, teori, teknik, dan
prosedur ilmiah tertentu. (Euis Julaeha, 2000: 5)
Beberapa bahasan dalam psikologi pendidikan
1.
Psikologi pendidikan adalah bagian dari psikologi
empiris (yang menyelidiki gejala-gejala kejiwaan dan tingkahlaku manusia dengan
menggunakan observasi-percobaan-atau eksperimen).
2.
Penerapan psikologi dalam pendidikan (secara
umum)
Agar pendidikan tahu aspek-aspek psikologi pada diri setiap
individu
3.
Penerapan psikologi dalam proses pembekajaran
(secara khusus)
Untuk menciptakan iklim yang kondusif yang memungkinkan
seseorang untuk belajar
4.
Pembahasan sentral psikologi pendidikan adalah
pemecahan masalah belajar
Pentingnya
psikologi dalam pendidikan
1.
Bagi individu atau anak didik
Membantu individu atau anak didik dalam
memecahkan masalah-masalah yang dihadapi berkaitan dengan fungsi psikis.
2.
Bagi pendidik,
pengajar dan orang tua
Pengetahuan psikologi tentang anak didik
dalam proses pendidikan sangat penting bagi mereka untuk mengoptimalkan
kemampuan setiap anak didik atau untuk membantu pemecahan masalah individu dan
masalah belajar.
3.
Bagi pengembangan ilmu
Penelitian,
penyelidikan dalam bidang psokologi akan menambah luas khasanah ilmu
pengetahuan psikologi maupun ilmu pendidikan karena adanya perubahan kebiasaan,
sikap, dan nilai setiap orang sesuai dengan perkembangan IPTEK.
Fungsi
psikologi dalam proses pembelajaran
1.
Sebagai pengetahuan praktis yang berusaha
menjelaskan proses belajar sesuai dengan prinsip-prinsip psikologis yang
ditetapkan secara ilmiah dan faktor-faktor tingkahlaku manusia.
2.
Sebagai pedoman dan pangkal arah bagi guru untuk
membantu anak didik agar memperoleh pengalaman-pengalaman belajar sehingga ia dapat
belajar secara optimal sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya.
3.
Sebagai alat, teknik dan prosedur untuk melayani
anak didik yang berbeda latar belakang, pola perkembangan dan kemampuannya
(secara kognitif, afektif dan psikomotor).
Skema hubungan faktor-faktor pendidikan
Tidak pendidikan
tanpa ada tujuan, tidak ada tujuan tanpa pendidik, tidak ada pendidik tanpa
anak didik, dan seterusnya.
1.
Tujuan
Faktor utama dalam pendidikan adalah untuk meningkatkan dan
mencapai kedewasaan
2.
Pendidik
Tiap orang yang dengan sengaja mempengaruhi orang lain
untuk mencapai tingkat kmanusiaan yang lebih tinggi
3.
Anak didik
a.
Anak yang belum dewasa
b.
Anak yang perlu mendapat bimbingan dari orang
dewasa
c.
Anak yang tanggung jawab pendidik
Anak didik sebagai subyek pendidikan, bukan sebagai obyek
karena anak didik dapat menerima atau menolak apa yang diterimanya.
4.
Alat didik
Perbuatan
atau situasi yang diadakan dengan sengaja untuk mencapai tujuan
Contoh: perhatian, hukuman, pujian, hadiah, dan nasehat.
1.
Alam sekitar
Segala sesuatu yang ada disekitar anak didik
Dapat berwujud = manusia contoh:
keluarga, teman, dan lain-lain
Dapat berwujud = bukan manusia
= kesenian contoh:
wayang, sandiwara, derama
= tempat contoh:
tetangga, rumah, iklim
= kesusasteraan contoh: media masa
Belajar
sebagai sebuah sistem
Gambar diatas menunjukan bahwa
belajar sebagai suatu proses bermula dari masukan mentah (Raw input), yang
kemudian harus diolah melalui proses belajar
– mengajar (Teaching – learning
proses). Proses ini dipengaruhi oleh faktor lingkungan sebagai masukan
lingkungan ( Environmental input), juga dipengaruhi beberapa alat yang
digunakan membantu proses belajar -
mengajar menjadi masukan alat-alat (Instrumental input) semuanya menunjang dan
membantu tercapainya keluaran (Out put) yang dikehendaki.
Faktor – faktor yang mempengaruhi belajar
Komentar
Posting Komentar