Hubungannya dengan tugas guru; Managemen kelas; Masalah belajar; Pertumbuhan, perkembangan dan pendidikan; Motivasi; Evaluasi & Pengukuran
Bahan Ajar 5
Ruang Lingkup Psikologi Pendidikan
Ruang Lingkup
1. Hubungannya dengan tugas guru
2. Manajemen kelas
3. Belajar
4. Pertumbuhan, perkembangan dan pendidikan
5. Motivasi
6. Evaluasi dan pengukuran
7. Good
and Brophy, Educational Psychology, A Realistic Approach (1977)
Hubungannya Dengan Tugas
Guru
·
Interaksi
dua kepribadian, antara
pendidik dengan peserta didik, antara orang dewasa dengan
yang belum dewasa.
·
Sebagai pendidik dan pembimbing tidak bisa
lepas dari pribadi yang
memiliki ciri khas.
·
Pribadi guru merupakan satu kesatuan antara
sifat-sifat pribadi dan perannya sebagai pendidik, Pengajar dan pembimbing.
·
Interaksi guru dan siswa terjadi dalam situasi
formal maupun informal.
·
Kepribadian individu terdiri atas aspek
jasmaniah, intelektual, sosial, emosional dan moral.
·
Seluruh aspek terintegrasi menjadi satu kesatuan
yang khas yang terbentuk sepanjang hidupnya
dipengaruhi faktor bawaandan lingkungan
Manajemen
Kelas
1. Manajemen kelas efektif memaksimalkan kesempatan pembelajaran murid.
2. Konsep lama menekankan pada penciptaan dan
pengaplikasian aturan untuk mengontrol tindak tanduk murid.
3. Konsep baru memfokuskan pada kebutuhan murid
untuk mengembangkan hubungan dan kesempatan untuk menata diri.
4. Menciptakan orientasi murid pada sikap pasif dan
patuh dapat melemahkan dalam pembelajaran aktif, pemikiran dan konstruksi
pengetahuan sosial.
5. Manajemen kelas menekankan pada pembimbingan
murid untuk mau lebih disiplin diri dan tidak terlalu menekankan pada kontrol
eksternal murid.
6. Penekanan regulasi diri bukan berarti guru tidak
bertanggungjawab.
7. Guru bukan pengatur tapi pemandu, koordinator dan
fasilitator
Karakteristik
Lingkungan Kelas
1. MULTIDIMENTIONAL, setting untuk banyak aktivitas
sehingga
perlu perlu jadual yang harus dipatuhi murid.
2. AKTIVITAS SIMULTAN, ada yang diskusi dengan guru,
menulis,
bertanya, meminta ijin, dsb.
3. HAL-HAL TERJADI SECARA CEPAT, membutuhkan respon
cepat seperti murid bersikap kasar, menyontek, dan
berteriak.
4. TIDAK BISA DIPREDIKSI, sering terjadi diluar rencana
seperti
bunyi alarm kebakaran, murid berkelahi, dan murid
sakit.
5. SEDIKIT PRIVASI,
karena kelas adalah ruang publik sehingga
murid melihat setiap hal yang terjadi dan membuat
atribusi.
6. PUNYA SEJARAH, karena murid akan selalu ingat apa
yang
terjadi dahulu dikelas sehingga mempengaruhi
perkembangan
pribadinya.
Mengapa anak
(manusia) harus belajar ?
·
Lahir tidak berdaya
hanya membawa sedikit instink/naluri dan potensi.
·
Untuk kelangsungan
hidupnya sebagai manusia melalui orang lain.
·
Sebagai mahluk
sosial dan budaya sehingga memerlukan kepandaian jasmani dan rohani.
·
Secara alamiah
didorong untuk memiliki pengetahuan dan kemampuan.
·
Untuk memenuhi
kebutuhan yang tidak terbatas.
Komentar
Posting Komentar