Pengajar
|
:
|
Dr.
Drs. Koesnan
Abdul Halim, SH., MM
Standar
Kompetensi
|
:
|
Mahasiswa dapat mengetahui dan memahami serta
menghayati secara medalam tentang ajaran Pancasila dan Undang Undang
Dasar 1945 serta dapat mengamalkan
ajaran tersebut .dalam kehidupan
sehari-hari sebagai anggota masyarakat , dan juga para penyelenggara Negara
dalam menjalankan pemerintahan
|
Kompetensi
Dasar
|
:
|
Mahasiswa dapat mengetahui dan memahami
materi kuliah Pancasila yang dapat menjadi pedoman kehidupan bermasyarakat
dan bernegara menuju masyarakat adil dan makmur
|
Indikator
|
:
|
Setelah menyelesaikan seluruh materi perkuliahan
diharapkan mahasiswa memiliki kemampuan :
1. Mengetahui tentang fungsi dan peranan pancasila yang sangat bermanfaat bagi bangsa Indonesia, karenanya diharapkan
dapat diterapkan dijadikan pedoman
hidup sehari-hari dan pedoman bagi penyelenggaraan negara ;
2. Dapat menerangkan
kepada orang lain manfaat materi Pendidikan Pancasila
|
Deskripsi
Mata Kuliah
|
:
|
Mata kuliah ini
membahas dan menganalisis tujuan, fungsi, peranan, pancasila dalam pembukaan
UUD 1945, pengamalan dan pengaman pancasila, hak asasi manusia sampai dengan
pancasila dalam pembangunan nasional
|
Materi
Pokok Perkuliahan
|
:
|
1.
Pengertian,
Fungsi dan Peranan Pancasila ;
2.
Sejarah
Perumusan pancasila dalam hubungannya dengan sejarah perjuangan bangsa;
3.
Analisis
dan kesimpulan tongggak-tonggak sejarah perjuangan bangsa Indonesia;
4.
Hakekat
Pengertian Pancasila ;
5.
Nilai-nilai
yang terkandung dari masing-masing sila ;
6.
Pancasila sebagai Falsafah Hidup Bangsa Indonesia
7.
Pancasila sebagai Ideologi Nasional;
8.
Pancasila
ditinjau dari sudut Hukum Tata Negara;
9.
Penghayatan dan
Pengamalan Pancasila;
10.
Demokrasi Pancasila;
11.
Paham
Integralistik/ Kekeluargaan dalam Pancasila;
12.
Undang
Undang Dasar 1945 dan Amandemen UUD 1945;
13.
Hak-Hak
Asasi Manusia dalam Pancasila;
14.
Pancasila dalam Pembangunan Nasional;
|
Pendekatan Pembelajaran
|
:
|
Ceramah, diskusi/
Tanya jawab, penugasan makalah kelompok/ individu .
Media pembelajaran
pakai; laptop, LCD,
|
Penilaian
|
:
|
Penilaian diperoleh dari
aspek-aspek:
1.
Formatif
terdiri dari absensi, etika, makalah
kelompok/ mandiri dan diskusi .........................................................................................
: 30
%
2.
UTS
....................................................................................................................................
:
30
%
3.
UAS ....................................................................................................................................
:
40 %
Jumlah ..................................................................
............................................................: 100 %
|
Buku Sumber
|
:
|
1.
H.
Subandi Al Marsudi, S.H. MH - Pancasila dan UUD 1945 dalam Paradigma
Reformasi : Penerbit PT Raja Grafindo Persada Jakarta cetakan pertama Th.
2001 ;
2.
UU
No. 39 Th. 1999 tentang Hak Asasi Manusia, Penerbit Citra Umbara, Bandung Th.
2001;
3.
Putusan Sidang Istimewa MPR RI Tahun 2001,
Penerbit CV Mini Jaya Abadi, Jakarta, Cetakan Pertama 2001;
4.
UUD 1945 Hasil Amandemen dan Proses Amandemen UUD 1945, Penerbit Sinar
Grafika, cetakan pertama Th. 2002 ;
5.
UU No. 17 th. 2007 tentang Rencana Pembangunan Nasional Jangka Panjang
dan UU No. 25 th. 2004 tentang Sistem Perencaaan Pembangunan Nasional ,
penerbit Sinar Grafika cetakan pertama Th. 2007 ;
6.
Dr. H. Kabul Budiyono, M.Si., Pendidikan
Pancasila Untuk Perguruan Tinggi, Penerbit Alfabeta, Bandung, Cetakan Kedua
2010;
7.
Prof. Mr. Soediman Kartohadiprodjo, Pancasila
Sebagai Pendangan Hidup Bangsa Indonesia, Editor Achmad Suhardi Kartohadiprodjo,
dkk., Penerbit Gatra Pustaka, Cetakan Pertama 2010;
8.
Media cetak/elektronik/situs-situs internet.
|
|
Universitas Muhammadiyah Jakarta
|
FORM (FR)
|
No. Dokumen
|
:
|
FITK-FR-AKD-002
|
|
Tgl. Terbit
|
:
|
7 Maret 2012
|
Fakultas Agama Islam
|
No. Revisi:
|
:
|
00
|
Jl. KH. Ahmad Dahlan Ciputat Jakarta Selatan
|
Hal
|
:
|
1/5
|
SATUAN ACARA PERKULIAHAN
|
Jakarta,
7 Maret 2012
Mata Kuliah : Pancasila
Kode : U02201
Bobot SKS : 2
sks
Jurusan : Tarbiyah
Program Studi : PAI
Semester : II (Dua)
Mata Kuliah
Prasyarat : Pendidikan Kewarganegaraan
Standar Kompetensi : Mahasiswa dapat mengetahui dan memahami serta menghayati secara
medalam tentang
ajaran Pancasila
dan Undang Undang Dasar 1945 serta dapat
mengamalkan ajaran
tersebut .dalam
kehidupan sehari-hari sebagai anggota masyarakat , dan juga para
penyelenggara
Negara dalam menjalankan pemerintahan
Deskripsi Mata Kuliah :
Mata kuliah ini membahas dan
menganalisis tujuan, fungsi, peranan, pancasila dalam
pembukaan UUD 1945, pengamalan dan pengaman
pancasila, hak asasi manusia sampai
dengan pancasila dalam pembangunan nasional.
Perte-muan
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
|
Uraian Materi
|
Indikator
|
Buku/
Sumber
|
I
9-3-2012
|
Mahasiswa memahami tujuan mempelajari Pan-casila, pengertian, fung-si dan peranan Panca-sila
|
Tujuan mempelajari Panca sila, Pengertian,
Fungsi dan Peranan Pancasila
|
a.Tujuan
mempelajari Panca-sila
;
b.Pengertian
Pancasila
c.Asal
mula dikenal Istilah Pancasila ;
d.Fungsi dan Peran Pancasila
|
Mahasiswa dapat menjelaskan tujuan mempelajari
pancasila, pengertian pancasila, asal mula dikenal istilah pancasila , serta
fungsi dan peranan pancasila
|
|
II
16-3-2012
|
Mahasiswa memahami sejarah perumusan Pan-casila
dlm hubungan-nya dg perjuangan
bangsa Indonesia
|
Sejarah perumusan
pancasila dalam hubu-ngannya
dg
sejarah perjuangan bangsa Indonesia
|
1.Sejarah perjuangan bangsa
2. Perumusan Silasila Pancasila
3. Piagam Jakarta
4. Proklamasi
4.Pengesahan
Pancasila dan UUD 1945
|
Mahasiswa dapat menjelaskan sejarah perjuangan
bangsa, perumusan pancasila, piagam Jakarta, Proklamasi Kemer-dekaan
RI dan pengesahan Pancasila dan UUD
1945
|
|
III
30-4-2012
|
Mahasiswa memahami analisis dan kesimpulan tonggak
perjuangan bangsa Indonesia
|
Analisis dan kesimpulan tonggak2 sejarah
perju-angan
bangsa Indonesia
|
a.Analisis tonggak-tonggak
se- jarah
perjuangan
b. Kesimpulan tonggak sejarah perjuangan bangsa Indo-nesia
|
Mahasiswa dapat menjelaskan analisis
tonggak-tonggak sejarah dan kesimpulan
tonggak sejarah perjuangan bangsa Indonesia
|
|
IV
13-4-2012
|
Mahasiswa memahami hakekat pengertian Pancasila
|
Hakekat Pengertian Pancasila
|
a.
Hakekat pengertian Pancasila ;
b.Penghayatan
Pancasila ;
|
Mahasiswa dapat menje- laskan hakekat
pengertian dan penghayatan Pancasila
|
|
V
20-4-2012
|
Mahasiswa memahami nilai-nilai
yang terkan-dung
dalam Pancasila
|
Nilai-nilai yang terkan- dung dalam Pancasila
|
a.Nilai-nilai
yang terkandung dlm
sila-sila dari Pancasila ;
b.Hubungan nilai, norma dan sanksi
|
Mahasiswa dapat menjelaskan nilai-nilai yang terkandung
di dalamnya dan hubungan antara nilai, norma dan sanksi
|
|
VI
27-4-2012
|
Mahassiswa memahami Pancasila sbg falsafah
hidup bangsa Indonesia
|
Pancasila sbg
falsafah
hidup Bangsa Indonesia
|
a.
Pengertian Filsafat ;
b.Obyek Filsafat ;
c.Tujuan Filsafat
;
d.Kegunaan
Filsafat
e.Falsafah
hidup Bangsa
|
Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian filsafat, obyek
filsafat, kegunaan filsafat dan
falsafah hidup bangsa Indonesia
|
|
VII
4-5-2012
|
Mahasiswa memahami Pancasila sbg ideologi
Nasional
|
Pancasila
sbg ideologi nasional
|
a.Pengertian dan beberapa; pendapat mengenai Ideologi
b.Ideologi dalam arti praktis;
c.Penerapan dan kekuatan
Ideologi;
d.Pancasila sebagai
ideologi terbuka
e.Mekanisme
Pengembangan ideologi Pancasila
|
Mahasiswa dapat menje- laskan pengertian ideologi dan beberapa pendapat
mengenai Ideologi ideologi dalam arti praktis, penerapan
ideologi, kekuatan ideologi, Pancasila sebagai ideologi terbuka dan mekanisme pengembangan ideologi Pancasila
|
|
VIII
11-5-2012
|
UTS
|
UTS
|
UTS
|
UTS
|
|
IX
18-5-2012
|
Mahasiswa memahami Pancasila ditinjau dari sudut hukum tatanegara.
|
Pancasila ditijau dari sudut hukum tatanegara.
|
a.Pengertian negara dan
dasar-dasar negara ;
b.Negara
dengan warganegara
c.Pancasila sebagai dasar negara RI.
|
Mahasiswa
dapat menjelaskan pengertian dan syarat-syarat
terjadinya negara, negara
dg warganegara, dan
Pancasila sebagai dasar negara.
|
|
X
25-5-2012
|
Mahasiswa memahami pengamalan dan penga-manan
Pancasila
|
Pengamalan pancasila (termasuk menurut ajaran Islam)
dan Penga-manan Pancasila
|
a. Pengamalan Pancasila sbg
pandangan hidup bangsa;
b.Pengamalan Pancasila sbg dasar Negara;
c.Pengamalan Pancasila me-nurut Islam;
d.Pengamanan
Pancasila se-cara
prefentif dan represif
|
Mahasiswa dapat menjelaskan pengamalan Pancasila
(terma-suk
menurut ajaran Islam) dan pengamanan
pancasila
|
|
XI
1-6-2012
|
Mahasiswa memahami tentang demokrasi pancasila
|
Demokrasi Pancasila
|
a.
Pengertian Demokrasi ;
b.
Perkembangan di Indonesia
c.
Unsur-unsur Demokrasi Pancasila;
d.
Tata urutan Per-UU-an;
e.
Mekanisme demokrasi Pancasila
|
Mahasiswa dapat menjelaskan pengertian demokrasi, per-kembangannya di
Indonesia, unsur-unsur demokrasi Pancasila
|
|
XII
8-6-2012
|
Mahasiwa memahami hubungan antarta Prok-lamasi
17 Agustus 1945 dengan Pembukaan dan batang tubuh UUD 1945
|
Hubungan antara Proklamasi 17 Agustus 1945 dg Pembukaan
dan batang tubuh UUD 1945
|
a. Hubungan
antara Pembu-kaan
dan Proklamasi
17 Agustus 1945;
b. Hubungan
antara Pembu-kaan
dan batang
tubuh
UUD 1945
|
Mahasiswa dapat menjelaskan hubungan antara pembukaan
dengan proklamasi 17 agustus 1945 dan hubungan antara pembukaan dan batang
tubuh UUD 1945
|
|
XIII
15-6-2012
|
Mahasiswa memahami UUD 1945 dan peru-
bahannya
|
Undang Undang Dasar 1945 dan perubahannya
|
a.
Pengertian, kedudukan
dan fungsi
UUD 1945;
b.
Pembukaan UUD 1945 ;
c.
Batang Tubuh UUD 1945
d.
Gerak Pelaksanaan UUD 1945
|
Mahasiswa dapat menje- laskan pengertian kedudukan dan
fungsi UUD 1945, Pem-bukaan
UUD 1945, Batang Tubuh UUD 1945 dan Gerak Pelaksanaan UUD 1945
|
|
XIV
22-6-2012
|
Mahasiswa memahami Hak asasi manusia dlm Pancasila
|
Hak-Hak Asasi Manusia dalam Pancasila
|
a.
Pengertian HAM
b.
Macam macam HAM
c.
Penegakkan HAM di Indo-nesia
|
Mahasiswa dapat menjelas kan pengertian HAM, macam-macam
HAM dan penegakkan-
nya di Indonesia
|
|
XV
29-6-2012
|
Mahasiswa memahami Pancasila dalam pem
bangunan nasional
|
Pancasila dalam Pemba- ngunan nasional
|
a. Pendahuluan (pengantar, pengertian , maksud dan tujuan serta landasan)
b. Kondisi umum (Kondisi saat ini, tantangan
dan modal dasar) ;
c. Visi dan Misi ;
d. Arah, Tahapan dan
Prioritas Pembangunan Jangka
Panjang 2005- 2025
|
Mahasiswa dapat menjelas -kan pendahuluan (pengantar, pengertian , maksud
dan tuju-an serta landasan) ; kondisi umum (kondisi saat ini, tantangan dan modal dasar) ; Visi dan Misi;
arah, tahapan
dan prioritas pembangunan
jangka panjang Th. 2005-2025
|
|
XVI
6-7-2012
|
UAS
|
UAS
|
UAS
|
UAS
|
|
|
sedang empelajari silabus pancasila nih, makasih ulasannya Bro,
BalasHapussalam dari saya